Danzo, salah satu ninja dalam Anime Naruto, banyak melakukan misi tersembunyi, yang kadang berupa pembantaian. Seperti Uchiha Itachi yang membunuh semua klan Uchiha termasuk orang tuanya sendiri, untuk mengantisipasi pembrontakan Konoha. Itu semua usulan Danzo. Hokage ke Tiga, walau sebagai pemimpin, sebenarnya tidak setuju, ia lebih menekankan pada komunikasi, tapi tak mampu menolak ide pembantaian tersebut.

Sebenarnya Danzo juga berambisi menjadi Hokage, maka saat penyerangan dari Pain, Danzo sengaja tak melakukan apa-apa, dan justru melakukan pembunuhan terhadap katak, yang menjadi informan Sunade sebagai Hokage ke Lima. Dengan kegagalan Sunade dalam melindungi konoha, Danzo punya kesempatan menjadi Hokage menggantikan Sunade.

Danzo ini sosok ambisius dan dingin. Ia juga melakukan kontak dengan musuh Konoha, untuk kepentingannya. Danzo memiliki anak buah, yang muludnya disegel, sehingga tak mampu membocorkan rahasianya. Anbu di bawah komando Danzo dinamakan Anbu Root. Semboyannya “Kami tak punya nama, tak punya perasaan, tak punya masa lalu. Kami ada hanya untuk misi”.

Danzo punya pandangan, melindungi Konoha boleh dengan cara kekerasan dan kejam. Danzo pernah tak setuju dengan Hokage Pertama dan ke Tiga, yang memegang prinsip anti kekerasan dalam memimpin. Danzo ini pernah menjabat sebagai pimpinan militer Konoha. Pernah bersaing dengan Hokage ke Tiga dalam merebutkan posisi Hokage.

Zaim Ahya, Founder takselesai.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.