“Kau bukan Elliot. Kau hanya bagian darinya. Sekarang waktunya mengembalikan kendali kepada pemiliknya: Elliot yang sebenarnya”

Kalimat di atas adalah salah satu percakapan di Serial Mr. Robot Season 4 Episode 13. Season 4 adalah akhir darinya.

Elliot adalah nama dari tokoh utamanya. Ia seorang yang bisa dikatakan a sosial dan punya trauma di masa kecil dengan orang tuanya. Ketika beranjak dewasa, ia bertemu dengan “sesorang” yang mengenalkan dirinya sebagai Mr. Robot. Bersama Mr Robot, ia dengan mengajak empat orang — salah satunya adalah adiknya sendiri — membentuk FSociety, singkatan dari Fuck Society, yang berarti persetan dengan masyarakat!

Dengan timnya ia ingin menghilangkan “kekuatan tak terlihat” yang mengendalikan ekonomi dunia. FSociety bermaksud menjatuhkan korporasi jahat, dengan cara meretasnya.

Apakah mereka berhasil? Tentu! Namun pada prosesnya banyak hal yang terjadi. Teman-temannya terbunuh, dan ternyata Mr Robot adalah ciptaan pikirannya saja! Pimpinannnya adalah Elliot sendiri!

Setalah tahu akan itu. Elliot dan Mr Robot berebut kendali atas diri Elliot. Namun pada akhirnya mereka berdamai.

Sampai pada episode menjelang akhir, muncul fantasi Elliot kecil, ketika Elliot tak bisa menahan rasa sakit karena kebenaran di masa kecil yang seakan ia baru tahu, atau sengaja ia hapus dari ingatannya.

Di episode 14, setelah peretasn sukses dan pemimpin korporasi jahat meninggal, ternyata Elliot yang selama ini ditunjukkan bukanlah Elliot yang sebenarnya (the real Elliot). Ia sama dengan Mr. Robot, hanya bagian dari Elliot.

Di episode ini pula dijelaskan tentang dissosiative identity disorder. Ketiganya sesungguhnya diciptakan oleh the real Elliot sendiri. Yang pertama saat ia mengalami kejadian buruk di masa kecil, dan yang kedua adalah Mr Robot sedang yang ke tiga adalah Elliot kecil. Semuanya diciptakan sebagai protect diri dari the real Elliot.

Apakah Elliot yang real kembali mengambil alih kesadarannya?

The real Elliot kembali! Adalah adiknya yang menjadi pemeran kuncil. Darline, adik perempuan Elliot adalah satu-satunya yang menghubungkannya dengan dunia nyata!

Apakah Anda sekarang adalah diri Anda yang sebenarnya?

*Catatan ini terlalu singkat dan jauh dari dikatakan mewakili atau bahkan berbeda. Terakhir, penulis sisipkan beberapa percakapan yang quotable dari serial ini:

Mungkin kita semua hanya tersandung, dari pertanyaan yang tepat ke jawaban yang salah. Atau dari jawaban yang tepat ke pertanyaan yang salah.[MR.ROBOT]

Begitulah penghapusan. Tak selalu permanen.[MR.ROBOT]

Bagaimana cara melepas topeng, jika itu berhenti menjadi topeng. Saat topeng menjadi bagian besar dari diriku. [MR. ROBOT]

Kau tak perlu tahu semua hasilnya. Kau hanya perlu berpikir mendahuli lawanmu. Tapi bagaimana kau bisa melakukannya saat lawanmu adalah dirimu sendiri.[MR. ROBOt]

Control is illusion. [MR.ROBOT]

Enkripsi kita terjadi di dunia nyata [MR.ROBOt]

Zaim Ahya, 28 Desember 2019

2 COMMENTS

  1. Darlene merupakan adik dari eliot difantasinya eliot yg semu, akan tetapi pd kehidupan eliot sebenarnya, Darlene merupakan orang yang mencintai eliot, bukan adik kandungnya.

  2. Darlene merupakan adik dari eliot difantasinya eliot yg semu, akan tetapi pd kehidupan eliot sebenarnya, Darlene merupakan orang yang mencintai eliot, bukan adik kandungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.