Tak direncana, kemarin sore mendengarkan ngaji Gus Baha via Youtube. Seperti biasa, apa yang disampaikan Gus Baha terasa menarik. Gus Baha mengisahkan sebab keramat Nabi Idris sehingga bisa akrab dengan malaikat dan bahkan bisa “mengelabui” sehingga bisa tinggal di surga.

Keramat Nabi Idris ini ada hubungannya dengan matahari, kata Gus Baha. Jadi, Nabi Idris merasa kasihan dengan malaikat yang bertugas menjaga matahari. Yang menjaga manusia saja sudah repot, apalagi yang menjaga matahari sebesar dan sepanas itu. Singkat cerita, Nabi Idris pun meminta Allah meringankan tugas malaikat itu.

Tugas malaikat penjaga matahari pun diringankan, dan malaikat itu pun bergantian berdoa untuk Nabi Idris supaya bisa menembeus alam malakut.

Betapa tidak berat tugas malaikat penjaga matahari itu, kata Gus Baha, sudah berusaha disinari, yang disinari malah tidur. 😂

Makanya, dalam kitab-kitab itu dijelaskan tidur setelah subuh menarik fakir, dan bangun pagi itu menarik rizki. Begitu tidur sore, waktu senja, kata orang-orang tua bisa menyebabkan gila.

Beruntunglah kalian penikmat fajar dan senja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.