Impian menjadi sukses, setiap orang memimpikan hidup yang layak dan dapat mencapai apa yang diinginkan. Menginginkan masa depan yang sukses tidak jauh dari pikiran untuk maju dan selalu berpikir positif. Bagaimanapun kesuksesan seseorang tidak lepas dari pengaruh dari orang yang menjadi panutannya atau tokoh idolannya. Seorang trainer andal seperti Ibrahim Elfiky tidak sukses begitu saja, ia memiliki pengalaman banyak dan menyakini untuk selalu berpikir positif.

Selain itu, ia juga seorang pendiri dan ketua dewan komisaris beberapa perusahaan berskala internasional, seperti Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kanada (CTCHD), Pusat Kekuatan Potensi Manusia di Kanada (CTCPHE), Pusat Anestesi dengan Sugesti di Kanada (CTCH), dan Pusat Pemprograman Bahasa Saraf di Kanada (CTCNLP).

Selain meraih gelar doktor di bidang metafisika, ia juga meraih 23 gelar diploma dari beberapa lembaga papan atas di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen dan Marketing serta diakui sebagai penyusun dan peletak dasar ilmu Neuro Conditioning Dynamic (NCD) Dan ilmu Power Human Energy (PHE). Beliau juga aktif menjadi trainer andal di bidang pengembangan dan yayasan di Quebec, Kanada. Ia juga di juluki sebagai pembicara terbaik dunia oleh media Amerika dan Kanada. Ia melatih lebih dari 700.000 orang melalui seminar dan pelatihan yang di gelar di seluruh dunia dengan tiga bahasa Inggris, Prancis dan Arab.

Apa sajakah yang menjadi wasiat Ibrahim Elfiky agar seseorang dapat selalu berfikir positif?

1. Keinginan yang Menggebu

Apapun Anda, jika memimpikan sesuatu, buatlah impian itu menggebu-gebu. Misalnya, ketika Anda mempunyai keinginan yang menggebu untuk menjadi seorang penulis. Maka saat itulah Anda berpikir untuk menulis sebelum tidur dan ketika yang Anda lakukan pertama kali pada pagi hari adalah menulis.

Ketika Anda berpikir untuk menulis dan mengatakannya pada beberapa kesempatan yang memungkinkan dan ketika kegiatan menulis menjadi sesuatu yang menguasai pikiranmu dan mengalir dalam darahmu. Keinginan seperti itulah adalah bahan bakar yang akan menggerakkan perasaan dan memberi kekuatan untuk bertindak.

Keinginan semacam itulah yang menjadi sumber kesuksesan, kemajuan dan prestasi di segala bidang. Sekarang bertanyalah pada diri Anda sendiri: Apa yang paling ingin Anda wujudkan dalam hidup ini? Jika anda ingin mewujudkannya, biarkanlah keinginan yang menggebu itu mengalir dalam darah Anda. Jangan pernah berhenti memikirkannya, buatlah rencana lalu kerjakan. Bagaimanapun keadaan yang ada, jangan pernah meninggalkannya. Ingatlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala bagi orang-orang yang berbuat kebaikan.

2. Keputusan yang Kuat

Sebagian orang mengambil keputusan tapi tidak melaksanakannya. Kalau dilaksanakan hanya berlangsung sementara, kemudian kembali seperti semula. Mengapa demikian? Apakah orang seperti itu tidak ingin mewujudkan impiannya? Seperti apa keputusan yang ia ambil itu? Makna kata “keputusan” berarti kuat. Maka, keputusan yang diambil seseorang harus kuat, tidak ada keraguan dalam kondisi apa pun dan menghadapi apa pun, baik yang datang dari dalam diri maupun dari luar.

Misalnya, seseorang yang mengaku sudah memutuskan untuk berhenti merokok tapi masih melakukannya, berarti keputusannya masih lemah. Namun, jika keputusannya tersebut diperkuat dengan keinginan menggebu, keyakinan kuat, proyeksi positif dan fleksibilitas yang tinggi, maka keputusannya tersebut akan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, mulai hari ini, putuskan untuk menjadi paling baik dalam hidup Anda. Jika orang lain dapat mewujudkan impiannya, Anda juga dapat seperti mereka, bahkan bisa lebih baik.

3. Bertanggung Jawab Penuh

Bertanggung jawab penuh terhadap kehidupan Anda akan mengonsentrasikan pikiran dan potensi pada cara meraih cita-cita Anda. Namun, jika hilangnya tanggung jawab pada diri Anda maka akan membuat pikiran dan potensi Anda fokus pada hal-hal yang tidak manfaat. Hilangnya tanggung jawab membuat Anda jauh dari pribadi yang Anda inginkan dan membuat hidup Anda menjadi rangkaian masalah selalu datang. Misalnya salah satu tokoh legenda yaitu, Wilma Rudolf, namanya di tulis oleh para wartawan dan diliput media massa di dunia. Bahkan perusahaan American Express menggunakannya sebagai bintang iklan. Selain itu namanya terpahat di Guinnes Book of Record bersanding dengan para pakar dan orang-orang tenar lainnya.

Wilma bisa tumbuh dari seorang bocah lumpuh menjadi pelari wanita tercepat di dunia karena ia bertanggung jawab penuh atas kehidupannya. Ia tidak pernah mengeluh atau merasa minder karena lumpuh. Justru ia berpikir positif dan memusatkan perhatiannya untuk mencari solusi agar berhasil mewujudkan cita-citanya.

4. Persepsi yang Sadar

Persepsi atau pengetahuan mempengaruhi seseorang untuk berubah lebih dari 50%. Misal, Seorang perokok yang tidak tahu bahaya rokok akan terus merokok. Jika di benar-benar tahu bahaya merokok maka ia akan menuju jalan perubahan.

Coba tanyakan pada diri anda; Tahukah Anda nilai diri Anda? Tahukah Anda bahwa Allah menciptakan Anda sebagai makhluk terbaik dan menundukan seluruh alam semesta untuk Anda? Tahuka Anda bahwa kemampuan Anda tidak terbatas? Tahukah Anda bahwa otak Anda berisi lebih dari 150 miliar sel, ia lebih cepat dari cahaya, mampu menyimpan lebih dari 2000.000 informasi setiap detik? Tahukah Anda bahwa Anda memiliki kekuatan berpikir, memilih dan memutuskan.

Pengetahuan Anda akan kemampuan Anda dan manfaatnya yang positif membuat hidup Anda jadi pengalaman indah yang menenteramkan. Karena itu, pahamilah apa yang Anda pikirkan. Ambilah keputusan untuk mengendalikan pikiran negatif dan mengubahnya menjadi berpihak kepada Anda. Perubahan yang hakiki dimulai dari pikiran. Supaya itu terjadi, Anda harus menyadari dan memahami apa yang Anda pikirkan.

Nur Laila Lutfia, Sarjana Tafsir Hadits UIN Walisongo Semarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.